Materi kuliah Planologi

  • Geologi Lingkungan merupakan salah satu mata kuliah yang mengenalkan kepada mahasiswa untuk memiliki sikap dan pandangan yang baik tentang pentingnya mengetahui jenis batuan, struktur lapisan bumi dan mengetahui pergerakkan lempeng-lempengnya serta mengetahui dampak yang dapat timbul akibat pergerakkan tersebut baik untuk antisipasi bencana maupun bentuk muka buminya. Serta mampu mengaitkan pergerakkan lempeng dengan keadaan bentuk muka bumi. Kemudian mengenalkan mahasiswa kepada lingkungan hidup sekitar, yang terdiri dari ekosistem-ekosistem, permasalahan lingkungan yang dihadapi dan pada akhirnya menimbulkan kesadaran, penghargaan, tanggung jawab, dan keberpihakan mahasiswa terhadap lingkungan hidup secara menyeluruh yang berhubungan dengan bidang perencanaan.
  • Memahami sistem sosial yang ada dalam masyarakat perkotaan dan perdesaan sebagai salah satu elemen dalam perencanaan kota dan wilayah, serta Memahami teknik-teknik dasar dalam merencanakan sumber daya manusia.
  • Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar keahlian. Mata kuliah ini memberi pengetahuan tentang konsep-konsep umum (dasar) dalam teori ekonomi, misalnya : permintaan, penawaran, harga, tabungan dan investasi.
  • wawasan wilayah kepulauan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang peranan dan pentingnya indonesia sebagai negara kepulauan. peranan pesisir sebagai wilayah yang unik dan sebagai daerah yang perlindungan laut.
  • Mata kuliah Sistem Informasi I ini bertujuan untuk memperkenalkan bagaimana sebuah perencanaan diinformasikan kepada publik.
  • Menguasai pengetahuan dan kemampuan dasar yang berkenaan dengan perencanaan dan memecahkan masalah dengan menggunakan pendekatan metode statistik, serta mampu memakai statistik sebagai alat untuk menganalisis dan menarik kesimpulan dan aplikasinya di lapangan, dalam perencanaan tata ruang
  • Diharapkan mahasiswa bisa memahami konteks kedudukan dan penggunaan suatu methode analisis dalam suatu proses perencanaan, khususnya yang bersifat kuantitatif-dan cenderung statistikal. Selain itu bisa juga menerapkan pendekatan yang dimaksud pada berbagai kasus yang relevan

  •  

    Deskripsi Mata Kuliah :

    1. Menjelaskan aspek-aspek perencanaan tapak
    2. Menganalisis aspek fisik, social, ekonomi, utilitas dalam perencanaan tapak
    3. Mengkaji aspek estetika dalam perencanan tapak
    4. Konsep perencanaan tapak
    5. Menghasilkan karya perencanaan tapak dituangkan dalam dua dan tiga dimensi atau dalam bentuk animasi